Wednesday, March 22, 2017

Mengkudu, Obat Tradisional yang Tak Banyak Orang Tahu!!



Banyak orang tidak begitu familiar dengan Mengkudu, buah satu ini memiliki bentuk tidak sedap dipandang mata sama sekali dengan bau yang juga tidak sedap ternyata memiliki berbagai khasiat yang menakjubkan. Tanaman mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang sudah dimanfaatkan sejak zaman dahulu hampir diberbagai belahan dunia. Tanaman obat ini termasuk tanaman yang tropis masuk ke dalam obat suku Rubiaceace (kopi-kopian).

Mengkudu ini mulai menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Cina, India, Filipina., Hawai, Tahiti, Afrika, Australia, Karibia, Haiti, Fiji, Florida dan Kuba. Mengkudu dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit antara lain seperti diabetes, darah tinggi, dan kanker. Dalam pengobatan tradisional masyarakat kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik menyakini bahwa buah mengkudu dapat menghilangkan rasa sakit dan menenangkan syaraf.

Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian Dr. Heinicke, ahli biokimia dari University of Hawaii yang dimuat dalam Bulletin of the National Botanical Garden (1985), mengkudu ternyata banyak mengandung proxeronine yang merupakan bahan pembentuk xeronine, sejenis alkaloid yang sangat penting untuk menggerakan enzim dalam tubuh agar berfungsi secara sempurna.  Tubuh manusia tidak langsung membutuhkan xeronine karena memerlukan proses, jika kekurangan xeronine dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti radang sendi, tekanan darah tinggi, gangguan akibat proses penuaan bahkan kanker.

Untuk menanggulangi gangguan kesehatan yang disebabkan kurangnya produksi xeronine oleh tubuh, maka mengkonsumsi proxeronine tambahan dari luar akan sangat membantu untuk memulihkan berbagai gangguan kesehatan tersebut. Khasiat mengkudu akan berkurang jika dikonsumsi dalam keadaan perut kenyang karena pepsin dan asam lambung akan merusak enzim yang berfungsi memecah xeronine. Oleh karena itu, untuk keperluan pengobatan, ekstrak buah mengkudu sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong.

Buah mengkudu ternyata mengandung berbagai zat yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam kadar yang sangat tinggi hal tersebut dikutip dari Nature’s Amazing Header yang ditulis oleh  Noni Solomon. Seperti xeronine, proxeronine, serotonin, yang memiliki kegunaan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lebih lanjut lagi kita bisa bahas tuntas manfaat buah mengkudu.

Dikutip dari “Mengkudu yang Multiguna” oleh Kandi.


No comments:

Post a Comment